Ketika Polisi Dunia Bergoyang Dengan Seragam……Manusiawikah????

Jujur saja, saya orang paling takut berhadapan dengan polisi, bukan karena tidak punya STNK atau punya SIM, namun kesan galak dan terlalu monoton yang ditampilkan wajah aparat pemerintah ini terlalu kental dan kuat. Ditilang polisi adalah biasa, karena memang ini adalah engara hukum, jadi kalau ditilang dan kembali harus merogoh kocek, tidak ada masalah, siapa suruh gak bawa SIM atau STNK, atau melanggar lampu lalu lintas, atau tidka pakai helm standard, its ok.

seperti beberapa hari lalu saat mengantarkan teman untuk mengurus surat kehilangan di kepolisian, suasana tegang sudah menyelimuti perasaan dan hati. begitu duduk. seorang anggota korps kepolisian bertanya dengan nada yang tidak ramah, monoton, sedikit berat dan cuek “ada yang bisa dibantu”. sedikit kesal karena tidak “siap melayani anda” namun ya sudahlah mungkin mereka ingin menunjukkin wibawa mereka bahwa mereka adalah tulang punggung negara dalam menjaga keamanan bangsa ini. namun, sebuah mimpi di kepala semoga suatu saat korps kepolisian ini bisa lebih ramah di kantor kepada orang yang butuh bantuan mereka dan bisa menunjukkan wibawa mereka di lapangan. bukankah rasa hormat dan segan seseorang kepada orang lain akan lebih di ingat darfi sebuah hal kecil yaitu senyum. bagaimana mungkin masyarakat bisa segan dan hormat, mau ngurus ini itu harus di seneni dulu….semoga suatu hari nanti ketika ke kantor polisi, para polisi bisa seperti pegawai teller bank, sehingga tercipta suasana nyaman dan enak.

nah, beberapa hari lalu rasa ketakutan saya sedikit terobati ketika sebuah video joget india ala briptu Norman bergejolak di media. saya merasa polisi seharusnya seperti ini, bergoyang, tersenyum, itu hal yang manusiawi. di tengah kepadatan kerja, hiburan dibutuhkan namun tetap menghargai dan menjunjung tinggi kehormatan dan nama baik kepolisian indonesia. saya berharap video ini bisa mendapatkan apresiasi dan memberikan nilai tambah bagi kepolisian, bagaimanapun juga para polisi adalah manusia yang bisa stress, bisa down, bisa goyah atau apapun. sehingga butuh hiburan. dilain pihak video ini bisa membantu masyarakat dalam memberikan kesan bahwa polisi juga bisa lucu bukan hanya sule atau olga. polisi tidak selamanya arogan, mau menang sendiri, monoton atau apapun yang menjelekkan citra polisi di mata masyarakat.

namun, sikap kepolisian indonesia bertolak belakang dengan dukungan masyarakat yang merasa terhibur, petinggi kepolisian mulai gerah dengan ulah sang briptu, terkesan sang briptu melakukan pelanggaran yang sangat serius dengan alasan sang briptu berjoget dengan menggunakan seragam (kalau ini saya tidak setuju) dan juga sang briptu menggunakan tindik di lidah (kalau ini saya setuju untuk dihukum, masa aparat pakai tindik). para petinggi kepolisian sepertinya tidak dapat menghargai masalah kecil ini (biasalah masalah kecil dibesarkan, ada yang besar malah dikecilkan). seorang polisi joge dengan pakai seragam dianggap masalah yang serius hanya karena videonya menyebar ke internet. sedangkan banyak polisi yang berseragam melakukan tindakan yang tidak etis. untuk urusan ini biarlah menjadi urusan polisi

sementara mengunduh ngunduh di youtube. saya menemukan beberapa video goyang polisi negara lain yang juga menggunakan seragam, bahkan melakukan syuting di tempat kerja. dan para petinggi kepolisian disana malah memberikan apresiasi dalam rangka mencitrakan secara baik kepolisian mereka di mata masyarakat.

berikut ini beberapa video polisi bergoyang yang sempat saya temui di youtube.

Video Polisi berGoyang di Indonesia

polisi yang melakukan goyang ini adalah seorang polisi indonesia berpangkat briptu di gorontalo, polisi yang bernama briptu norman kamaru. dengar-dengar dia akan dijatuhi sanksi atas pelanggrannya ini. beberapa hal yang disayangkan adalah melakukan “goyang” pada saat melakukan tugas dengan menggunakan seragam serta menunjukkan tindik di lidah.

Video Polisi berGoyang di Thailand

video polisi thailand yang bergoyang ini malah mendapat restu dari pemerintah thailand, khususnya para petinggi anggota polisi. video ini dibuat untuk menunjukkan bahwa polisi thailand adalah baik dan tidak sangar sehingga dapat memperbaiki citra polisi di masyarakat. video ini malah direncanakan dan dilakukan pengambilan gambar beberapa kali. beberapa petinggi polisipun ikut terlibat dalam video yang menggunakan sound background lagu super junior “sorry-sorry”

Video Polisi Bergoyang di Korea

nah kalau polisi yang ini hapal sekali gerakan dari wondergirls yang menyanyikan lagu no body but you, coba deh dilihat polisi ini menggunakan seragam polisi .

dalam video-video itu bisa dilihat bahwa seorang polisi hanyalah seorang manusiawi, tidak pantas untuk dihukum untuk hanya sebuah hal sepele, masih banyak kasus lain yang dilakukan polisi yang melanggra kode etik lebih pantas untuk dihukum. semoga artikel ini bisa memberikan angin segar bahwa tidak hanya di indonesia banyak polisi bergoyang, namun di negara lain juga banyak. justru hal seperti ini perlu diapresiasi untuk memperbaiki citra polisi yang terkadang buruk di masyarakat.

Jayalah kepolisian indonesia………………….

 

  1. @ Admin : lebih baik di kasih read more aja biar gk kbanyakan.
    Trim’s kalo udah di tanggapin..🙂
    Semoga Sukses slalu ya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: