INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH VERSUS PERUSAHAAN WEBHOSTING MURAH: KETIKA SIMBIOSIS MENJADI MENGUNTUNGKAN

Industri kecil menengah atau yang biasa disingkat dengan UKM adalah jenis usaha yang sangat berkembang pada tahun-tahun terakhir. Peranan usaha jenis ini pada perekonomian Indonesia tidak bisa dianggap sepele atau enteng. Perusahaan kecil menengah telah menyumbang banyak sekali manfaat bagi sendi-sendi perekonomian Negara ini. Industri kecil menengah adalah jenis industri yang justru bertahan pada saat krisis ekonomi melanda Indonesia. Industri kecil dan menengah berperan pada hampir 60 % produk domestic bruto bangsa ini. pada tahun 2001 jumlah UKM naik sebesar 99.9 % dari total perusahaan dan menyerap tenaga kerja hampir 99.4% dari total tenaga kerja atau sekitar 10 juta orang.

Semangat industri kecil menengah yang tinggi dan manfaat yang dibawanya telah banyak membantu Negara ini dari keterpurukan ekonomi, memberikan peluang-peluang baru bagi kreatifitas yang tinggi dan lapangan kerja baru bagi puluhan juta pengangguran usia produktif di negeri ini. Namun, usaha industri kecil dan menengah untuk bisa maju lagi menatap dunia semakin sulit, hal ini dikarenakan banyaknya permasalahan yang terjadi pada industri kecil dan menengah yang menghambat kemajuan industri itu sendiri. Adiningsih (2008) menyebutkan beberapa hambatan yang dialami oleh industri kecil dan menengah sebagai berikut:

1.       kurangnya pengetahuan atas teknologi dan quality control yang disebabkan oleh minimnya kesempatan untuk mengikuti perkembangan teknologi serta kurangnya pendidikan dan pelatihan.

2.      Kurangnya pengetahuan akan pemasaran.

3.      Keterbatasan sumber daya manusia.

4.      Kurangnya pemahaman keuangan dan akuntansi.

Hambatan yang paling penting yang dialami oleh perusahaan adalah pengetahuan akan pemasaran. Konsep pemasaran yang baik akan memberikan dampak yang baik bagi perusahaan ke depan sedangkan konsep pemasaran yang jelek akan mengakibatkan porak-porandanya tiang-tiang penyangga perusahaan. industri kecil dan menengah sama seperti industri besar mengharapkan hidupnya dari keuntungan yang didapatkan dari penjualan produk. Penjualan produk dapat berlangsung dengan baik dan menguntungkan jika kegiatan pemasaran juga memiliki konsep yang baik.

Namanya juga industri kecil dan menengah, sudah barang tentu keuangan pada jenis industri ini kecil dan tidak dapat dibandingkan dengan industri besar. Kegiatan pemasaran seperti yang banyak dilakukan oleh industri besar otomatis tidak dapat di contoh karena keterbatasan yang terjadi pada masalah keuangan jenis industri kecil menengah akan sangat tidak mendukung. Industri besar melakukan pemasaran dengan konsep yang sangat tertata dan juga dengan keuangan yang cukup menguras kantong perusahaan. Kegiatan pemasaran pada industri besar di harapkan  dapat memberikan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Untuk industri kecil dan menengah diperlukan tatanan konsep pemasaran yang murah meriah namun memberikan banyak keuntungan dan hasil yang maksimal bagi kelangsungan industri kecil dan menengah. Salah satu jenis pemasaran yang mungkin dilakukan oleh industri kecil dan menengah adalah pemasaran dengan menggunakan website.

Statistik Pengguna Internet di Asia

Indonesia berada di peringkat-5

Dunia maya yaitu internet meningkat pada 10 tahun terakhir.  Jumlah pengguna internet pada 10 tahun belakangan tumbuh dan berkembang. Statistik dunia menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-5 jumlah pengguna internet di asia yaitu 30 juta orang, dan akan tumbuh 25 persen setiap tahunnya. Oleh karena itu, pemasaran dengan menggunakan internet sebenarnya adalah cara yang paling baik dan paling efisien bagi perusahaan. Alasan pemilihan website sebagai salah satu media pemasaran barang bagi industri kecil dan menengah adalah sebagai berikut:

  • Pemasaran melalui web bisa lebih cepat dan murah dilakukan karena bersifat global dan mendunia dan dapat diakses dari belahan dunia mana saja. Pemasaran dengan menggunakan televisi dan radio terkendala oleh frekuensi dan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Sebagai perbandingan bahwa satu slot iklan di televisi bisa mencapai harga sekitar 30 juta pada jam-jam biasa, dan akan melonjak lebih tinggi pada jam prime time atau acara televisi yang memiliki rating tinggi.
  • Web sudah dapat diakses melalui handphone sehingga lebih mudah.
  • Informasi pada web bersifat real time sehingga akan sangat membantu industri dalam memasarkan hasil produksi mereka, apalagi produk industri kecil dan menengah biasanya memiliki jumlah model produk yang cukup besar sehingga pemilihan website sangat tepat.
  • Web bersifat internasional bukan nasional, sehingga pemasaran dengan web berarti pemasaran secara internasional. pelanggan tidak hanya akan datang dari indonesia saja tetapi juga seluruh dunia.
  • Web dapat dijadikan sebagai sebuah sarana yang tepat karena selain memiliki arus informasi dan arus pengguna yang sangat banyak, web juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan penjualan dan pemesanan secara langsung

Jumlah industri kecil dan menengah yang menurut statistik terakhir berjumlah sekitar 4 juta harusnya menjadi Pangsa pasar yang besar bagi perusahaan yang menyediakan webhosting murah seperti idwebhost untuk menyentuh segmentasi pasar yang besar ini. Untuk menjadi perusahaan webhosting terbaik atau menjadi perusahaan webhosting yang tangguh tidaklah mudah. Perusahaan webhosting seperti idwebhost tetaplah seperti perusahaan atau industri lain yang harus memiliki pelanggan untuk mendapatkan keuntungan. Dengan melirik pasar baru yaitu industri kecil dan menengah yang memiliki jumlah yang sangat banyak diharapkan akan menjadi keuntungan sendiri bagi perusahaan seperti idwebhost. Selain itu diharapkan dengan kerjasama antara industri kecil dan menengah dan perusahaan penyedia webhosting akan lebih meningkatkan peran industri kecil dan menengah bagi bangsa dan Negara sekaligus menjaga stabilitas industri kecil dan menengah agar tetap hidup.

Simbiosis Mutualisme Industri Kecil dan Menengah dengan Perusahaan Penyedia Webhosting Murah

Simbiosis antara industri kecil dan menengah dengan perusahaan penyedia webhosting murah perlu dilakukan, ditingkatkan sampai pada taraf yang maksimal.  Simbiosis yang dimaksud adalah simbiosis mutualisme yang sama-sama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dalam hal ini industri kecil menengah bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan harga murah, sedangkan perusahaan webhosting mendapatkan pelanggan yang loyal. Apa yang perlu dilakukan oleh perusahaan webhosting Indonesia untuk membidik pelanggan industri kecil dan menengah?. Beberapa langkah konkrit dapat dilakukan seperti di bawah ini.

1. Lakukan sosialisasi.

Sosialisasi yang dapat dilakukan misalnya “pentingnya website bagi perusahaan” atau “keuntungan kegiatan pemasaran dengan media website dibandingkan dengan media yang lain”. Banyak industri kecil dan menengah belum mengetahui fungsi website secara lebih mendalam. Hal ini karena sumberdaya manusia yang ada dibelakang industri kecil menengah  masih belum baik sehingga arus perkembangan teknologi kurang ter-update secara optimal. Dibutuhkan peran perusahaan web-hosting untuk menyentuh sisi ini. memperkenalkan fungsi dan keuntungan website bagi industri kecil dan menengah dimasa yang akan datang. Banyak sekali industri kecil dan menengah memiliki potensi yang baik, handal dan unggul namun karena terisolasi dan dibiarkan begitu saja sehingga sulit untuk di asah belum lagi faktor sumberdaya manusia, permodalan dll. Perusahaan webhosting dapat masuk ke area ini dengan memberikan sosialisasi tentang hakikat website dan hosting murah.

2. Lakukan Fasilitasi.

Setelah sosialisasi dilakukan, perusahaan sebaiknya melakukan fasilitasi lebih lanjut. Jika industri kecil dan menengah yang disosialisasi memiliki keinginan untuk difasilitasi maka peran perusahaan webhosting menjadi lebih besar. Perusahaan harus berani mengambil tantangan dengan menjadi fasilitator untuk menyiapkan website yang baik, representative, sesuai dengan keinginan industri kecil dan menengah yang bersangkutan. Perusahaan sekaligus dapat menjadi fasilitator dengan menyediakan webhosting murah, webhosting berkualitas. Oleh karena itu perusahaan dapat mengambil langkah dengan memberikan paket khusus dan special yang murah hanya bagi industri kecil dan menengah yaitu paket pembuatan website dan hosting.

3. Lakukan Customerisasi

Setelah sosialisasi dan fasilitasi dilakukan, maka tahap paling berat yang perlu dilakukan adalah tahap customerisasi ini. pada tahap ini perusahaan webhosting harus mengerti bahwa industri kecil dan menengah adalah user pemula. Kegiatan pendampingan perlu terus dilakukan untuk menjaga kualitas kepercayaan pengguna kepada perusahaan webhosting. Ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik yang dibina antara perusahaan webhosting dengan pengguna jasa webhosting dalam hal ini industri kecil dan menengah. Jika hubungan baik terus dibina maka diharapkan kerjasama dapat dibina secara terus menerus. Layanan after sale dan peningkatan kualitas pelayanan perlu dilakukan untuk menjaga kesinambungan hubungan kedua belah pihak. Pepatah “ mempertahankan yang sudah ada lebih susah”. Dengan tingkat persaingan di perusahaan webhosting yang semakin tinggi dan menjamur akan menjadi sangat riskan membiarkan satu pelanggan berlabuh ke pelabuhan lain hanya karena rasa tidka puas. Sehingga peningkatan kualitas dan pendampingan secara terus menerus  perlu dilakukan untuk pembuktian komitmen “ pelanggan adalah nomer satu”

Dengan simbiosis mutualisme yang terjadi pada kedua belah pihak maka akan tercipta suatu kesinambungan yang baik bagi kedua belah pihak. Industri kecil menengah mendapatkan keuntungan dari mendapatkan website dan webhosting murah sebagai media pemasaran yang baru, tangguh, murah serta berkwalitas, sedangkan perusahaan webhosting mendapatkan banyak pelaanggan baru yang berarti keuntungan yang berlipat ganda.

Referensi:

http://internetworldstats.com/stats3.htm

http://www.lfip.org/english/pdf/bali-seminar/Regulasi%20dalam%20revitalisasi%20-%20sri%20adiningsih.pdf

    • nurirwan
    • February 23rd, 2011

    Luar biasa tulisannya Mas

    Boleh ni berguru Mas Ikhsan😀

  1. wah makasih atas ilmunya Pak..

  2. thanks bro,
    artikelnya sangat bermanfaat..
    Di tunggu kunjungan baliknya ya..🙂

    promo dikit yah : di jakarta webhosting ada program hosting murah mulai dari 10.000 perbulan, barangkali agan minat.🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: