SEPAKBOLA INDONESIA? : TUNGGU 26 TAHUN LAGI

sebelum mengetik ini, sebuah pertandingan menarik tersaji di sebuah layar televisi swasta, pertandingan piala dunia tahun 1974 ketika belanda berhadapan dengan brazil. pertandingan yang tersaji cukup mengundang gelak tawa bagi saya pribadi, selain karena kesannya yang jadul, juga sangat terlihat lucu dari mode pakaian dan cara bermain mengingatkan saya kepada sepak bola indonesia.
kongres sepakbola yang digelar akhir maret di malang kemarin bisa menjadi harapan kita untuk memberikan lagi peluang munculnya prestasi-prestasi dari gocekan si kulit bundar para pemain negeri ini. semenjak kongres kemarin, pihak-pihak terkait sudah mulai berbenah untuk kembali memajukan citra sepakbola negeri ini sekaligus menjalankan hasil rumusan KSN tersebut.
beberapa rencana dan juga realisasi yang sedang dijalankan adalah:

  • mendirikan akademi sepakbola nasional.
  • merekrut pelatih baru untuk timnas u-23 indonesia.
  • menunjuk manajer bagi timnas senior dan u-23 dll.

banyak hal yang sudah akan dan siaP akan dilakukan, namun ada hal menggelitik saya ketika menonon sepakbola piala dunia tahun 1974 antara belanda dan brazil yang akan saya paparkan berikut ini.

ketika melihat pertandingan piala dunia ini saya melihat sebuah potret indonesia yang sangat tergambar jelas. sebuah potret sepakbola yang tidak terlalu memuaskan dan terkadang menjemukkan. pada pertandingan ini anda akan melihat bahwa skill-skill para pemain terlihat biasa saja dan tidak menonjol, pengoperan bola yang kadang-kadang masih salah tempat, wasit yang kurang tegas memberikan keputusan, pemain-pemain yang kadang sedikit terlibat adu fisik, lapangan yang masih terlihat kurang nyaman, masih terlihat blundal blundul dimana-mana, stadion yang masih mirip dengan kebanyakan stadion indonesia di masa kini.

kenapa saya begitu yakin indonesia mungkin baru bisa berbicara 26 tahun lagi di sepakbola. karena di zaman sepakbola yang sudah sangat modern di tahun 2010 sepakbola indonesia masih dipenuhi dengan hal-hal seperti skill-skill para pemain terlihat biasa saja dan tidak menonjol, pengoperan bola yang kadang-kadang masih salah tempat, wasit yang kurang tegas memberikan keputusan, pemain-pemain yang kadang sedikit terlibat adu fisik, lapangan yang masih terlihat kurang nyaman, masih terlihat blundal blundul dimana-mana, stadion yang masih mirip dengan kebanyakan stadion indonesia di masa kini, inipun masih di tambah dengan klub-klub yang terlibat masalah pembayaran gaji karena masih tergantung pada APBD, pengaturan skor, korupsi disana-sini.

sepakbola diluar sana berhasil menjelma di tahun 2010 ini, stadion-stadion megah berdiri dengan kapasitas yang tak terbayangkan, gaya permainan yang enak dilihat, lapangan yang menarik, kepemimpinan wasit yang tak pilih kasih, pemain-pemain yang lebih profesional. dari tahun 1974 mereka berevolusi besar di tahun 2010. yang artinya, mereka menghabiskan 26 tahun berbenah untuk menjadi apa yang mereka sekarang ini. sehingga jika melihat seperti ini, maka prediksi saya bahwa indonesia “mungkin” akan menjadi seperti  negara-negara bola dunia sekarang pada tahun 2036. indonesia mungkin akan menikmati gaya bermain sekelas kick and rush di tahun tahun tersebut, stadion yang bagus, skill dan juga permainan yang mengasyikkan pada tahun 2036. sementara ini cukuplah penonton indonesia bersyukur dengan gaya permainan “kick and kungfu”, stadion becek macam kubangan, pengaturan skor, apbd daerah, skill yang “Alhamdulillah”. cuma saya kembali kepikiran tahun 2036 kita baru akan merasakan sepakbola modern seperti sekarang ini, sedangkan sepakbola modern sekarang ini sudah menjelma menjadi bentuknya yang lain. pertannyaanya,kapan kita bisa menyamai mereka tanpa tertinggal?. mudah-mudahan tulisan ini jadi pelajaran berharga menuju ulang tahun PSSI yang ke 80 ” menuju sepakbola modern”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: