APRIL MOP : Sejarah Pembunuhan Sadis Yang Beralih Menjadi Perayaan

Maret akan segera usai. Bulan April menjelang. Ada suatu kebiasaan jahiliah yang patut kita waspadai bersama sebagai seorang Muslim; 1 April sebagai hari April Mop. April Mop sendiri adalah hari di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya?

Sejarah April Mop

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.

Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.

Jadi, perhatikan sekeliling Anda, anak Anda, atau Anda sendiri, mungkin terkena bungkus jahil April Mop tanpa kita sadari. (eramuslim)

Baca ini sebelum berkomentar

    • xxxx
    • March 30th, 2010

    bos jangan bikin artikel yang menyangkut sara…..

    klo sekedar buat pengetahuan jangan di publish…. klo gini lu sama ja ngadu domba islam ma kristen….

      • hanny
      • April 2nd, 2011

      betul gan, saya setuju dengan anda…Ini namanya provokator….

    • Ordinary human
    • March 30th, 2010

    Maaf, perlu diperbaiki kata2 di atas yg menyebutkan bahwa “inilah kemudian yg dperingati oleh dunia kristen stiap tgl 1 April sbg april mop” SSUNGGUHNYA KRISTEN TIDAK MNGAJARKAN INI trutama di Indonesia!
    Dan di kalimat ini: “Bgi umat kristiani,april mop mrupakan hri kmenangan ats dbnuhnya ribuan umat islam spanyol…”
    Ini umat kristen dmn? KMENANGAN YG SSNGGUHNYA BGI UMAT KRISTEN ADLH MLAWAN IBLIS! Perang salib jg bukn prang agma mlainkn prang politik (sprti yg d ajarkan guru saya di SMP yg brgma islam).

      • hanny
      • April 2nd, 2011

      perlu pradigma berpikir yang benar…ini ketahuan orang ini membaca sejarah hanya sepotong – potong..alias pengetahuan sejarah gk luas…!!

    • Parwanto
    • March 30th, 2010

    seandainya peringatan tersebut bukan pembunuhan umat muslim, tetap aja kita tidak boleh memperingatinya karena itu bukan tuntunan Islam apalagi memerangi umat Islam ( prinsipnya peringatan2 orang2 kafir jangan mengikutinya )

    • tanya kenapa
    • March 30th, 2010

    info yg bagus gan,,,,

    • Ordinary human
    • March 30th, 2010

    Di kalimat ini jg perlu diperbaiki karna mengada-ada bahkan memunculkan unsur sara : “Bgi umat kristiani, april mop mrupakan hri kmenangan atas dbunuhnya ribuan umat islam spanyol oleh tntara salib lwat cra2 pnipuan. Sbab itulah, mreka mrayakan april mop dgn cra melegalkan penipuan & kbohongan walau dibungkus dgn dalih skedar hiburan atau keisengan belaka.”
    KRISTEN INDONESIA TIDAK PERNAH MERAYAKAN APALAGI MELEGALKAN PENIPUAN!
    Jujur,apa itu april mop aj sy tdk tahu & sya sbg kristiani tdk prnh mrayakannya.

  1. Eh…lu jgn buat isu yg mgandung sarah lah….!!!!emang kmu dpet info drmna?????

      • Barisan Muhammad
      • April 21st, 2010

      Itu ada sumbernya??kagak baca ente???Sikapi dengan kejernihan pikiran dan kedewasaan?kalo ga percaya dengan artikel diatas…cari yang benernya dong…baru komentar…jangan cuma bisa cuap2 aja…

      Keep Post akhi…ini demi pengetahuan bagi kita semua kok…

        • Pembela kebenaran
        • April 2nd, 2011

        Ente yang harus banyak belajar dari sejarah..makanya pikiran tuch jangan sempit…agama manapun tidak mengajarkan cara-cara kekerasan dalam meyelesaikan masalah!!! Apalagi agama kristen yg terkenal dengan ajaran K A S I H terhadap sesama… gk kayak loe…

    • Damai
    • March 30th, 2010

    masih aja, bikin tulisan2 yg memancing kemarahan umat… tapi kalian bilang kalian cinta damai… ini yg dimaksud cinta damai itu? dengan menjadi KOMPOR!!! apa yg terjadi wkt itu, memang pada saat jaman peperangan, kl sekarang masih dibahas kejadian yg terjadi “523 TAHUN YANG LALU” kapan mau ada kedamaian dibumi ini.. TOLONG STOP HAL2 YG MEMANCING EMOSI SEPERTI INI… Kita sudah DAMAI sekarang, jgn diusik lagi hidup tenang kita dengan hal2 merugikan seperti ini. thx

  2. sebelumnya saya minta maaf…..
    info ini tidak ada maksud untuk memunculkan isu sara, kalau mau isu sara yang lebih hebat, banyak sekali di youtube, grup di facebook, situs internet, atau bahkan kejadian di masyarakat yang benar-benar merupakan SARA yang parah bahkan merusak nama ISLAM, saya tidak usah menyebutkan satu persatu..
    saya mempublish ini adalah untuk berbagi ilmu kepada sesama muslim agar tidak merayakan atau berbuat hal yang aneh-aneh pada hari itu, ini sejarah dan anda tidak akan bisa mebohongi sejarah, kalau anda mengatakan bahwa untuk sekedar pengetahuan jangan di publish maka apa gunanya pengetahuan itu saya simpan sendiri sementara saudara saya yang muslim masih melihat ini seperti perayaan biasa seperti valentine. pengetahuan perlu di bagi bos bukan sdi simpan sampai karatan. kalau memang tidak setuju dengan sejarah ini gak usah dibaca.
    bagi yang nanya sumber dari mana, saya sudah kasih sumber di bagian paling bawah, silahkan dilihat, kalau masih mau cari banyak sumber lain yang sejenis, anda silahkan mencari di google dengan keyword “april mop:,”history of april mop” atau “sejarah april mop”.
    setelah semua komentar ini, dimohon tidak ada komentar aneh, menghina atau sara, komentar yang sejnis tersebut jika ada saya akan hapus, saya admin disini, saya yang punya rumah, saya berhak membagi info yang saya tahu, bagi kami sesama muslim adalah bersaudara dan harus saling menginformasikan hal yang benar, sekali lagi inin informasi buat para muslim, kalau anda tidak suka dengan info ini, jangan cuma menyerang saya, serang juga tempat sumber saya kopi paste atau bahkan serang blog sejenis yang mengangkat isu ini.
    itu dari saya tanpa koma tapi TITIK

    • hamba
    • March 30th, 2010

    artikel yg menarik, tetapi di dapat dari mana sumbernya nih?
    bisa di percaya apa gak?

    • masalah sumber, saya sudah memberikan link di paragraf paling bawah, silahkan baca dan silahkan lihat sendiri, masalah bisa dipercaya atau tidak itu urusan pribadi, masalah mau merayakan april mop itu juga urusan pribadi, saya sebagai manusia hanya menyampaikan apa yang seharusnya disampaikan, ketika kita mengetahui sebuah ilmu tanpa mengamalkannya atau membaginya maka kita seperti pohon tanpa buah….terima kasih

    • abstain
    • March 30th, 2010

    Stuju untuk Ihsan,,sejarah itu bisa dipandang tergantung orang yang memandangnya.
    Jadi mungkin banyak versinya.
    Lagipula,sumbernya pun memang d khususkan untuk intern muslim.

  3. selamat dan sukses, bgi ilmu yang lain donk ….. maju terus untuk postingannya….

    • Sotoy
    • March 31st, 2010

    Jika belum tau kebenaran akan suatu info mending gk usa di publikasikan
    drpd jatuhny mengundang pikiran negatif org yg membacanya
    i just wanna say jgn sotoy please
    thx

    • weew…saya sudah bilang kepada anda semua dan mungkin komentar lain yang akan masuk bahwa ini hanya sebuah informasi yang saya kutip dari pihak lain yang saya sudah berikan linknya, anda silahkan tanya kepada yang punya situs darimana dapat sejarahnya. anda cuma bisa berkoar-koar negatif disini karena anda tidak punya keberanian, kalau anda punya keberanian silahkan anda berkomentar juga di beritamuslim.wordpress.com yang merupakan blog yang memberikan pandangan negatif terhadap orang yang membacanya…satu penekanan lagi saya sudah semenjak mengkopi paste tulisan ini sudah memasukkan kategori ini sebagai “ISLAM” untuk dibaca hanya oleh orang islam…sekali lagi jangan cuma menyerang saya coba anda cari di google dengan keywords “april mop atau history of april mop atau sejarah valentine” yang nulis sudah banyak…bisa ndak anda mengkomen mereka juga…
      dasar sotoy…………and gak bisa baca

    • noegroho
    • March 31st, 2010

    sob ihsan…artikel anda sangat bagus..anda tidak perlu menanggapi comment2 yang tidak membangun sprti rekan2 kt yang lain, jadikan itu motivasi anda untuk lebih memberikan artikel2 yang “hot” lainnya..ilmu harus d bagikan bukan untuk disimpan..sebarkan itu.. great artikel sob..

    • Dna
    • March 31st, 2010

    artikel sampah, belajar dulu sejarah yg bener. memalukan

    • sebaiknya anda belajar berkomentar, karena setidaknya orang-orang yang mengatakan mengerti sejarah adalah orang-orang yang tidak mengerti sejarah dan orang-orang yang mengatakan orang-orang atau benda lain sampah maka dia pasti tidak lebih baik dari orang/benda yang dikatakan sampah

    • anecing
    • March 31st, 2010

    lanjutkan cing. kewajiban kita semua untuk menyampaikan kebenaran.percaya atau tidak, terserah pribadi masing2. toh dosa ditanggung masing2 dan tidak bisa diwariskan.

    • Sang Pecinta
    • April 1st, 2010

    Di dunia memang berpasang2an, ada baik dan buruk. Begitu juga manusia ada yang benar dan ada yang salah, di dalam hati manusia baik pun pasti terdapat keburukan dan juga sebaliknya, karena itulah manusia tak ada yang sempurna, selain para kekasih Alloh.
    Setiap manusia mati membawa keyakinannya masing-masing, tak peduli agama apa yang ia yakini, karena itulah keyakinan tak dapat dipaksakan, namun yang perlu kita ingat bahwa pastikan kita tidak terjebak oleh tipu muslihat Iblis. Iblis adalah musuh manusia sampai kiamat tiba.
    Iblis / Setan lah yang menjadikan manusia saling bermusuhan, berperang, saling membunuh dan semua hal lain yang salah. Dengan dalih agama, suku, keyakinan, bangsa atau apa pun pembungkus nya.
    Pastikan jalan kita benar menurut hati kita, keyakinan kita dan menurut kemanusiaan yang ada dalam kehidupan kita.

    • Sang Pecinta
    • April 1st, 2010

    Potret lah dunia ini, dan hayati lah film-nya… Jadikan lah Sejarah atau apa pun hal yang salah sebagai sebuah pelajaran…
    Yang baik mari kita teruskan dan kita amalkan, yang buruk mari kita tinggalkan…
    Maaf kita semua saudara sebagai manusia…

    • dundee
    • April 1st, 2010

    mas,udah g usah pake emosi..g usah ditanggapi yg g setuju..
    anggap sebagai masukan..ok..
    mgkn memang lbh diperhalus kata2x biar g jadi kontroversi..keep bagi2 info ya mas..

    • Latahzan
    • April 1st, 2010

    Setuju my bro..
    Insya Allah dgn media seperti ini menjadi salah satu jalan kita untuk menepis masuknya budaya asing yg MENYESATKAN..Keep struggle bro ihsan..:)

  4. siapa bilang perang salib bukan perang agama ?? sudah jelas2 yang pertahankan dalam hal ini kaidah agama masing2, unsur politik tentu terselip didalamnya, Posting ini adalah sejarah jadi dimana ada UNSUR SARAnya??? soal umat kristiani yang dipojokkan??? atau merasa dijelek2kan?? sekali lagi ini sejarah bung, kenyataan, hal ini lah yang ingin dibagi admin pada semua pembacanya,sejarah tentang pembantaian umat muslim yang sekarang malah dirayakan sebagai april mop yang budayanya berasal dari luar sana dan sekarang generasi muda kita khususnya umat muslim yang belum tau tanpa sadar ikut merayakan pembantaian saudaranya. BUAT UMAT KRISTIANI YANG MEMBERI KOMENTAR DIATAS DENGAN NADA MIRING, SEKALI LAGI INI ADALAH “SEJARAH” Saya rasa anda cukup mempunyai pengetahuan dengan arti kata itu. Buat Admin salam kenal dari saya.posting yang bermanfaat.

    • Pendosa Ingin Tobat
    • April 2nd, 2010

    Lanjutkan friend..

    Terus berikan info2 sprti i2. Insya Allah, apa yg u lakukan bsa d’hitung “Jihad” oleh Allah.

    Dan Insya Allah, ada yg bsa msuk Islam stlah mmbaca artikel ini!

    Trus org2 yg ksh komentar bernada KASAR d’artikel ini mnunjukkan bahwa mereka mgkn sama dgn pelaku “Sejarah tsb”.
    Bg2lah kbxkan mereka, walaupun sdh d’brikan ptunjuk..mrka menolak mentah2. Dan pada akhirx,mrka yg akan menyesal.

    “Masya Allah”

    • the arc
    • March 17th, 2011

    Klo lg jd mayoritas memang suka menjelekkan minoritas, tu c biasa,,baik buruknya suatu ajaran sbenarnya dinilai dr hasilnya, klo hanya menghasilkan umat yg suka main keroyok,menjelekkan org lain,menghina agama lain ya nilai aja sendiri apakah itu ajaran yg benar,,,klo mayoritas yg merasa benar mo dikritik kyk apa juga ga bakal koreksi diri,,jd sabar aja ya yg minoritas,,TUHAN mu ngga jauh koq,,ngga usah dipanggil pake mikrophone n speaker cukup dg doa aja, DIA ngga budeg

    • kalau mau main minoritas dan mayoritas jangan cuma lihat di indonesia, coba lihat perlakuan kaum barat ketika islam menjadi minoritas, perlu saya sebutkan satu persatu negara yang memojokkan islam dan membatas gerak islam…mbok ya kalo ngomong jangan asal njeplak.
      bisa gak anda komen di situs faith freedom yang menjelek-jelekkan islam, bisa gak anda membela orang-orang yang menjelek-jelekkan islam di situs tersebut biar anda dikatakan adil. jangan ngomong disini saja.
      sudah saya bilang berkali-kali ini adalah bacaan buat saudara-saudara saya yang islam, jadi kalau anda tidak suka gak usah dibaca.

    • iya dia emang gak budeg, lu aja yang buta, udah dibilangin kalau gak suka ni artikel gak usah di baca, lu baca aja artikel di faith freedom yang menurut kamu adil karena menjelek-jelekkan islam.

    • Zaga
    • March 31st, 2011

    HOOAXXX

    sumber2 dari eramuslim gitu memang sering memprovokasi agama
    Entah mereka ingin mengadu domba ato apa
    Ini nih sejarah april fool yg asli versi wikipedia

    http://en.wikipedia.org/wiki/April_Fools%27_Day

    Lebih percaya erahoax.com ato wikipedia yg lebih banyak dipercaya orang ?
    Itu tergantung tentang anda

    • saya lebih percaya era muslim daripada wikipedia, orang thesis atau skripsi saja dilarang mengambil acuan ke wikipedia, sumber gak terpercaya.
      tidak ada unsur mau memprovokasi agama, kalau mau yang provokasi agama cuma deh buka situs faith freedom, bisa tidak anda berlaku adil dan menyuruh orang-orang disana menutup mulutnya atas penghinaan mereka terhadap agama kami.
      mbok yo yang yang adil, saya memasukkan artikel ini dalam kategori ISLAM, terserah anda saja mau ngomong apa. kalau mau semua adil jangan cuma lihat tulisan ini, lihatlah banyak sekali tulisan-tulisan yang juga memojokkan islam.

  5. guys, ane setuju ma ente…
    sejarah gmnpun jg harus ditunjukkan kepada manusia…
    agar mereka tau arti sebuah kebenaran…
    tujuannya ente ane bs mahami…
    bagi kaum kristiani yang merasa tersinggung,,..
    mohon dimaafkan…
    saudara ihsan cuma ingin berbagi kebenaran bagi sesama muslim…
    g ada maksud untuk menyinggung…
    klo emang ente2 sebagai kristiani yang taat…
    anda pasti bs menerima kata maaf sebagai lambang damai dan menyelesaikan masalah…

    • interisti
    • March 31st, 2011

    mengenai paragraph ke2 terakhir itu sebaiknya diganti
    ga ada tuh dalam ajaran agama kristen memperingati april mop
    coba tanya ke kerabat yg beragama kristen bener ga diajarin buat ngerayain april mop?

    karena hal kaya gini bisa bikin atau sama aja fitnah..dan juga malah bisa bikin kebencian antar umat beragama

    anda sebagai penulis pasti bisa berpikir dewasa dan raional serta objektif

    • si the arc aneh
    • March 31st, 2011

    the arc <— ini orang yg berkomentar tanpa ilmu di dalamnya. Adzan itu memanggil para muslimin untuk sholat. Dan menandakan pergantian waktunya. Bukan memanggil tuhan. cape deee….

    • dia emang buta dan gak punya ilmu, ngata-ngatain orang gak punya ilmu padahal dia sendiri yang gak punya ilmu. gak usah di urusin tuh manusia, emang aneh.
      sudah saya blangin kalau gak suka artikelnya gak usah di baca, malah pake bahas masalah adazan..ckckckc….saya juga cape deh…

  6. GAN !!
    kapan Kristen ngajarin menipu ?
    dan ngebantai islam = kemenangan kristen ?
    TOLONG..
    jgn ngada2 di INDONESIA yang dikenal ini hari iseng doank tanggal 1 april bukan hari pembantaian !

  7. HARAP INGAT…
    SETELAH HARI INI SEGALA KOMEN YANG MEMOJOKKAN DAN TIDAK SANTUN UNTUK ARTIKEL INI AKAN SAYA HAPUS, SEKALI LAGI ARTIKEL INI BUKAN BUAT KONSUMSI BAGI YANG TIDAK SUKA, INI PENGETAHUAN BAGI SEMUA SAUDARA SAYA YANG SESAMA MUSLIM.
    KALAU ANDA MENGATAKAN BAHWA SAYA MEMMANCING SARA, COBA LIHAT SITUS-SITUS LAIN JUGA YANG BANYAK MERENDAHKAN ISLAM SEPERTI FAITH FREEDOM, JADILAH ORANG YANG BIJAK DAN ADIL BUKAN ORANG YANG SOK.
    SAYA MINTA MAAF ATAS PEMUATAN ARTIKEL INI, TETAPI SEKALI LAGI BAGI SAYA INI ADALAH SEBUAH ILMU YANG HARUS SAYA BERIKAN KEPADA SAUDARA SAYA BETAPAPUN PAHITNYA.
    TERIMA KASIH.
    SEMUA KOMEN YANG TIDKA ENAK BAGI SAYA AKAN SAYA HAPUS, KARENA SEKALI LAGI SAYA ADALAH TUAN RUMAH DISINI, BUKAN ANDA.

    • sari azzahra
    • April 5th, 2011

    lanjutkan Gan,-

    it’s real.
    ini adalah fakta sejarah yg sebenarnya.
    pha lg ma yg lebih percaya ma wikipedia spt yg di sebutin diatas. wikipedia tu mah bs diedit oleh sapa pun!!!

    miris sekali ngeliat umat islam sekarang ikut2 an merayakan april MOP. pdh,itu adalah perayaan kematian sodara2 kita yang telah mentah2 ditipu oleh tentara salib..

    so.. kt sbg manusia yg punya pemikiran n hati, kudu berfikir ttg segala ssuatunya. JANGAN JADI BUIH DILAUT.

    • sabar
    • April 15th, 2011

    yaah pada berantem
    pdhl org yahudi pada ketawa karena berhasil ngadu domba kita semua.

    Nice thread

  8. terus berkarya gan…..

    • ika
    • November 23rd, 2011

    ass….makasih banget postingannya….ilmu yang bermanfaat “untuk umat islam”, bagi yang non….jangan terlalu sensi doong….karena ini post mungkin hanya untuk internal dan pengetahuan…mm…banyak juga ko postingan yang menjelek2an nama Muslim, terfitnah malah…jadi kita semua harus sama2 introspeksi…kita juga kalian juga…hidup damai segalanya….piss.wass

    • anonymous
    • January 13th, 2012

    hadeuhhh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: