Setelah Haiti dan Chili, Lima Negara Lagi Siap-Siap Di Guncang Gempa Dahsyat

gempa dapat diprediksi dengan tingkat akurasi yang sama seperi cuaca, melihat garis gempa juga dan mempertimbangkan track geologi dan lempengan dunia, maka 5 negara siap-siap akan di guncang gempa dahsyat. ini cuma prediksi yang dikeluarkan badan meteorologi amerika, segalanya kita kembalikan kepada ALLAH pemilik segala kejadian di muka bumi, namun sebagai manusia kita di tuntut tetap waspada. ini dia 5 daerah yang diprediksi akan di guncang gempa hebat.

1. Los Angeles

sejak lama, los angeles telah menjadi bagian dari gempa bumi hingga sekarang. pada tahun 1994 gempa berkekuatan 6.7 SR mengguncang kawasan northridge di daerah los angeles. menbunuh 70 orang dan mengahncurkan jalan tol serta mengakibatkan kerugian sekitar 20 miliar dollar. dan mungkin saja angka-angka itu akan meningkat jika prediksi gempa berikutnya benar-benar terjadi. catatan geologi mengindikasikan bahwa daerah ini kemungkinan akan diguncang gempa hebat setiap 150 tahun. los angeles terbentang dan dilewati oleh lempengan san andreas. dan gempa dahsyat diatas yang pernah tercatat adalah 7.9 di tahun 1857. los angeles telah bersiap menghadapi gempa dahsyat yang mungkin saja mengguncang dengan melakukan perbaikan sejak gempa di northridge pada bangunan-bangunan, pintu emergency, alat pemindai gempa,dan emergency response terhadap gempa namun tetap itu cuma sebagai persiapan secara keseluruhan yang belum diketahui kapan mungkin terjadi.

2. Tokyo

mirip seperti california, jepang juga dilalui oleh lempeng tektonik yang sama dengan los angeles. negara yang memiliki 4 pulau utama ini memang sering diguncang gempa dengan kekuatan yang bervariasi. namun yang patut di waspadai adalah los angeles memiliki penduduk sekitar 36 juta sedangkan jepang memiliki penduduk lebih banyak 4-5 kali dari los angeles. dan banyak penduduk jepang tinggal di kota-kota yang rentan di guncang gempa dan juga berbahaya. ini mengakibatkan jutaan bahakan ratusan juta penduduk jepang berada di zona merah gempa. apalagi di tokyo yang kita ketahui sebagai satu-satunya ibukota di dunia yang paling sering di goyang gempa. tokyo pada saat ini memiliki 13 juta jiwa dan gempa terbesar tercatat pernah mengguncang ibukota ini pada tahun 1923 dan membunuh 150.000 orang. meskipun jepang merupakan satu-satunya negara yang memiliki infrastruktur bangunan paling baik dan paling lengkap, namun diperkirakan ketika gempa mengguncang 10.000 orang akan terbunuh dan mengakibatkan kerugian mencapai 1 miliar dollar.

3. Teheran, Iran

seluruh daerah di iran terletak di atas garis gempa yang bisa menimbulkan kerusakan besar. dan negara ini telah merasakan guncangn dahsyat di athun 2003 ketika gempa 6.8 SR mengguncang kota kuno Bam dan membunuh sekitar 30 ribu orang. sama dengan yang diperkirakan akan mengguncang teheran yang merupakan rumah bagi 7 juta orang, ddiperkirakan akan mengalami kerusakan yang parah. tidak seperti persiapan yang dilakukan oleh dua negara besar seperti jepang dan US yang memiliki gedung-gedung yang layak dikatakan aman karena sudah memiliki peringatan gempa dan di bangun dengan struktur yang kuat, gedung di teheran lumayan rapuh dan mudah runtuh di goyang gempa sehingga bisa menjadi jebakan kematian jika di goyang gempa dahsyat. jika di goyang gempa hebat diperkirakan teherann akan mengalami kerusakan parah dan akan mengahncurkan 90n persen rumah sakit negara. pembicaraan mengenai pemindahan ibukota negara ke tempat lain pernah dilakukan.


4. Barat Laut Pasifik


daerah casacadia yang terletak di sepanjang oregon sampai ke british columbia memang jarang di guncang gempa. namun sangat dikhawatirkan jika terjadi bagi negara bagian tetangganya, karena daerah ini pernah diguncang gempa yang amat dahsyat dalam sejarah yaitu ketika tahun 1700an gempa berkekuatan maha dahsyat yaitu 9.7 SR mengguncang daerah ini. para geologist memperingatkan bahwa meskipun gempa maha dahsyat bersiap menyambangi daerah ini setiap 500 tahun sekali. namun karena tidak ada yang tahu kapan maka daerah seperti seattle dan vancouver bisa saja menjadi lautan tangis.

5. Indonesia

tidak disebutkan daerah yang mana dikarenakan memang negara ini dari sabang sampai merauke dari sangihe sampai ke timor memang dilalui 2 lempengan yang amat berbahaya dan bersiap menimbulkan gempa dahsyat seperti yang terjadi di aceh dan nias. indonesia dikatakan sebagai “rings of fire’ yang berarti merupakan daerah gempa yang paling aktif di dunia karena lempengan pasifik yang melaluinya membentang dari chili samapi ke selandia baru. ring of fire di nisbatkan bagi setengah lingkaran lempengan yang berada di bawah indonesia yang telah memicu banyak gempa dahsyat seperti yang terjadi di aceh dan panatai utara sumatera dimana akibat gempa dahsyat yang memicu terjadinya tsunami telah membunuh 230.000 orang. tragedi kemanusiaan telah membuat dunia berduka hampir setahun penuh. tsunami ini bahkan sampai menyambangi pantai afrika, saking dahsyatnya gempa yang terjadi. gempa dahsyat terakhir di negara kita tgerjadi tahun lalu di padang pada bulan september yang menewaskan 1000 orang. para geologist sangat khawatir dengan negara ini karena kurangnyan kualitas bangunan di negara ini. setelah gempa chili hari ini sepatutnya kita mulai menjadi waspada karena bisa saja gempa chili yang perupakan awal lempengan pasifik akan memicu gempa besar di indoensia karena indonesia dilalui lempengan oasifik yang bermula dari chili ke selandia baru. Waspadalah negeriku

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: