11 HAL YANG HARUS ANDA KETAHUI TENTANG KOPI

Kopi adalah jenis minuman yang banyak di konsumsi di seluruh dunia, bahkan beberapa perusahaan telah menjadikan kopi sebagai komoditi untuk meraih keuntungan, lihat saja starbucks yang mampu meraih jutaan dollar hanya dari penjualan beratus ribu gelas kopi setiap hari di seluruh dunia. berbagai macam kreasi ilmu pengetahuan telah digunakan untuk menciptakan berbagai macam kopi dengan rasa yang nikmat, tercatat ada beberapa jenis kopi yang memiliki rasa yang enak dan sangat mahal seperti kopi robusta, arabica, kopi sumatera (kopi ini menjadi minuman favorit dari robert langdon, salah seorang tokoh fiksi yang diciptakan oleh Dan Brown..kemungkinan besar kopi ini merujuk pada kopi luwak, sejenis kopi yang dihasilkan dari proses pencernaan luwak, sejenis binatang yang memamah biji kopi yang memiliki kualitas baik sekali namun tidak memakan bijinya). namun tidak banyak dari kita yang mengetahui rahasia dari kopi itu sendiri, berikut ini 10 hal yang tidak dimengerti orang tentang kopi :
1. kaffein dalam kopi dapat membunuh : para ahli kesehatan percaya bahwa meminum 80 – 100 gelas kopi dan tidak memberikan selang waktu. atau intinya anda meminum 5-10 gelas kopi sehari dalm sebulan akan mengakibatkan anda mengalami kematian. inilah yang terjadi pada seorang artis kenaman indonesia yang menjadikan kopi sebagai dopingnya untuk bertahan melewqati padatnya jadwal rutinitas. disamping banyaknya akumulasi kafein dalam tubuh, kelelahan yang disebabkan tidak tidur karena pengaruh kaffein telah menyebabkan jantung bekerja tidak normal.
2.kopi dapat menjadi bermanfaat : penelitian menyebutkan bahwa masyarakat amerika mendapatkan banyak fungsi antioksidan dari mengkonsumsi sekitar 2 gelas kopi dalam sehari, namun bagi yang tidak menyukai kopi maka dapat mendapatkan antioksidan dari teh hitam,pisang dry bean dan juga jagung yang merupakan 4 besar penghasil antioksidan setelah kopi.
3.kafein bisa meningkatkan gairah sex wanita ; sebenarnya penelitian ini telah dilakukan hanya pada tikus, dimana pada awalnya dilakukan penelitian terhadap 108 ekor tikus yang telah diberikan kafeine, dan setelah diberikan tikus betina itu kembali kepada tikus jantan untuk melakukan hal yang sama, namun para peneliti menyimpulkan bahwa kopi dapat meningkatkan pengalaman sexual hanya bagi orang-orang yang tidak menggunakan kopi sebagai hobi.
4.Kopi dapat mengurangi rasa sakit:dosis menengah dari kopi atau setara dengan meminum 2 gelas kopi dapat mengurangi rasa sakitbagi otot. penelitian yang dilakukan oleh vitor maridakis pada 8 orang wanita yang melakukan gym dan mengalami amsalah sakit pada otot tertolong, namun sayangnya kembali penelitian ini dilakukan pada orang yang tidak meminum kopi secara intens artinya bahwa kopi bisa menyembuhkan sakit pada otot karena melakukan gym dengan catatan hanya bagi mereka yang tidak mengkonsumsi kopi secara reguler.
5. Kaffeine dapat menjaga anda tidak terlelap selama semalam suntuk : para ahli kesehatan melarang untuk meminum kopi 6 jam sebelum waktu tidur.
6. Kopi tanpa kaffeine (decaf) sebenarnya memiliki kafeine :jika anda meminum 5 – 10 gelas kopi tanpa kafeine maka sebenarnya anda sedang meminum satu atau dua gelas kopi dengan kafeine. ini merupakan hasil penelitian para ahli (berarti sebearnya dalam ilmu pengetahuan pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit).
7. Proses penghilangan kafein dari kopi membutuhkan bahan kimia :biji kopi akan dipanaskan dengan cara diuapkan. sehingga kafeinnya akan keluar ke permukaan. dimana untuk menghilangkannya maka kafeine ini akan dibasuh dengan larutan organik yang diberi nama metilene klorida, nah zat metilen kloroda ini jika terakumulasi dalam tubuh akan mengakibatkan penyakit seperti berikut ini kanker, sesak nafas (karena dimetabolisme karbon monoksida), sakit kepala, pusing, lelah, sensitif.
8. Kafeine bukan merupakan penyumbang rasa pahit dalam kopi : kafeine diduga menyebabkan rasa pahit dalam segelas kopi namun sebenarnya yang menjadi pelaku utamanya adalah antioksidan.
9. Kopi yang baik bergantung pada proses roasting dan brewing : menyinggung masalh rasa kopi yang enak, ini semua bergantung pada proses roasting dan brewing. selaman proses roasting minyak yang berada di dalm biji kopi akan mulai muncul pada suhu 400 derajat, semakin banyak minyak, semakin kuat rasa kopinya. konten dari kafeine meningkat seiring denganw aktu yang dihabiskan untuk air bersinggungan dengan tanah. sehingga kopi biasa akan memiliki kandungan kafeine lebih banyak daripada esspresso atau kapucino, kopi lebih gelap juga mengandung kafeine lebih banyak.
10. Kopi ditemukan oleh kambing :beberapa abad yang lalu sekawanan kambing di afrika menemukan dan memakan kopi yang menyebabkan mereka tidak dapt tidur semalaman. sang penggembala akhirnya membawa temuan kambingnya tersebut ke para biarawan untuk dilkukan sesi doa.
11. Java dan kaffeine : gara-gara memiliki lambang segelas kopi, istilah java sekarang tidak identik lagi dengan nama sebuah produk perusahaan teknologi informasi, java lebih dikenal di dunia barat sebagai segelas kopi, begitu pula dengan kafeine, nama kafeine telah diabadikan sebagai nama sebuah grup musik dari indonesia padda era 90-an

    • hendra
    • June 14th, 2010

    nice article…boleh aku taruh di web aku nggak?.. hehehe..web tentang kopi juga sih…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: