Ketika Memori Otak Tiada Habisnya:Orang-Orang Dengan Ingatan Super

Mempunyai memori super dalam otak anda, apakah itu berkah, ataukah justru menjadi masalah? Bagaimana jika anda bisa mengingat setiap detil dari pengalaman pribadi anda, tiap nomer telpon dari semua kerabat dan teman anda, hafal dari setiap kejadian yang bahkan dialami oleh orang lain? apakah ini menjadi hal yang menyenangkan? atau mengganggu, karena anda akan selalu ingat setiap hal, bahkan yang terkecil dan tak menyenangkan dalam hidup anda. Ada yang bilang ini suatu berkah, beberapa justru menganggap ini sebagai sebuah gangguan di otak yang belum terjelaskan penyebabnya. Didunia ini, ada 4 orang yang terbukti mempunyai SUPER MEMORY.
Berikut ini adalah keempat orang tersebut

Bob Petrella

SEORANG pria Los Angeles, Amerika Serikat, mampu mengingat semua kejadian yang pernah dilakukan sejak usia lima tahun. Dia adalah Bob Petrella, 58, seorang produser televisi, yang mampu mengingat secara detail setengah dari masa hidupnya.Dia didiganosis sebagai manusia hyperthymestia, yaitu memori otaknya berkembang sangat maju. Hal ini diketahui setelah dia dijadikan objek studi tentang daya ingat otak di Universitas California, tahun lalu.
Kondisi langka ini, juga dikenal dengan sebutan Super Autobiographical Memory, yang hanya bisa ditemukan pada empat manusia langka di seluruh dunia. Para ilmuwan masih pusing mencari tahu mengapa dan bagaimana hal ini bisa terjadi dan sejauh ini belum ada catatan kasus serupa yang pernah ada.
Petrella mampu mengingat hari dan tanggal pertemuan pertama dengan seorang sahabat karibnya, dan masih mampu mengulang kembali semua pembicaraannya yang ia lakukan selama 53 tahun terakhir. Bakat alam luar biasa ini pertama kali dia rasakan sejak duduk di sekolah dasar, dia mampu melewati semua ujian dan tes secara mudah tanpa harus mengulangi sama sekali.
Petrella mengatakan: “Saya memang mempunyai bakal ini, akan tetapi saya tidak suka memamerkan atau menunjukkan kepada orang lain.”
“Saya bisa mengingat semua kejadian yang menarik bagi diri saya, mulai dari peristiwa olaharaga, atau tanggal sejarah dan peristiwa politik, atau sekadar hari-hari menyenangkan yang pernah saya alami di masa lampau.”
Ia menambahkan,”Saya mampu mengingat semua nomor telepon teman-teman dan kolega saya. Saya kehilangan HP saya pada tanggal 24 September 2006. Bagi banyak orang pasti panik..akan tetapi ini tidak terjadi pada diri saya, karena semua nomor telepon yang ada di HP saya itu sudah tersimpan di dalam kepala saya.”
Dia mampu mengingat pemenang penghargaan Oscar setiap tahun sejak ia melihat langsung penayangan penghargaan itu tahun 1971. Para dokter melakukan uji kemampuan melalui 60 macam pertanyaan yang hanya mungkin bisa dijawab oleh orang yang memiliki kemampuan memori otak berlebih. Satu di antara pertanyaannya adalah: Kapan dan dimana gerilyawan Plaestina membunuh atltet Israel? Mr Petrella menjawab secara benar: Munich, 5 September 1972.
Sebagai seorang produser dari televisi saluran Olah Raga tenis, Bob mempunyai kemampuan mengingat semua hal yang pernah terjadi dalam hidupnya. Dia ingat setiap nomer telepon seluler dari semua keluarga dan teman-temannya. Dan yang mengagumkan adalah kemampuanya mengingat setiap detil dari pertandingan olah raga yang terjadi bahkan berpuluh-puluh tahun silam. Sebut saja tanggal 30 maret 1981. Dia tidak hanya ingat bahwa pada tanggal itu Ronald reagan ditembak, tapi dia juga mengingat Indiana berhasil mengalahkan North carolina dalam pertandingan NCAA dimalam yang sama. Dia akan memberikan gambaran pertandingan dengan jelas, bahkan sampai ke momen-momen berharga dari tiap pertandingan itu termasuk skor finalnya. Menurut pengakuannya, dia sudah menyadari kemampuannya ini sejak usia 5 tahun. Dia menjelaskan bagaimana dia mengingat wajah neneknya dengan jelas, bagaimana dia mengingat semua kode pin atm miliknya bahkan semua nomer telepon temannya. Hal ini mendatangkan keuntungan, ketika dia kehilangan telepon selulernya. Jika orang lain akan panik karena kehilangan benda yang satu ini, tidak begitu dengan Bob. Dia tak perlu khawatir karena dia mengingat semuanya.

Jill Price

Jill Price menggambarkan kemampuannya ini sebagai sesuatu yang tidak terkendali, Nonstop dan sangat melelahkan. Dari keempat orang yang nanti akan ditulis disini, dia adalah yang pertama kali didiagnosa mempunyai kemampuan mengingat yang luar biasa seperti ini. Jill menuangkannya dalam sebuah buku berjudul The Woman Who Can’t Forget. Dia mengaku sudah menyadari kemampuannya ini sejak usia remaja. Mampu mengingat setiap detil dari hidupnya sejak usianya 14 tahun. Dan bahkan Jill membandingkan kemampuannya ini setara dengan sebuah kaset video. Dia sering menenteng kamera video untuk membuktikan kemampuannya. Ketika seseorang mencoba ingin tahu apa yang diingat Jill, dia akan menyuruh anda untuk menonton rekaman video itu dan Jill sendiri akan menjelaskan apa yang terjadi, dengan caranya. Sama seperti Bob, Jill berusaha menghindari hingar bingar hollywood. Meski begitu dia sering membuat orang terkesan dengan kemampuan mengingatnya. Termasuk insiden Lockerbie (jatuhnya pesawat udara karena bom pada 21 desember 1988) atau episode terakhir film Dallas pada 3 mei 1991 . Namun begitu Jill terkadang merasa tersiksa, karena dia tidak mampu melupakan momen menyakitkan dalam hidupnya. Termasuk ketika dia harus mengalami patah hati karena diputus cinta atau cintanya ditolak oleh pria yang dia taksir.
Para dokter heran akan kemampuan Jill Price, 42 , yg dapat mengingat segala sesuatu yg pernah ia alami secara mendetail semenjak ia berumur 14 tahun. Dia mengambarkan hidupnya seperti layar TV yang terbagi dua sisi, sisi yg 1 adalah hidupnya yang sedang ia jalani kini dan sisi yang 1 lagi adalah detail masa lalunya yang terus diingatnya tanpa bisa ia lupakan.Detail apa yg ia alami setiap hari semenjak thn 1980, jam berapa bangun, bertemu siapa saja, apa yg dilakukannya, apa yg dimakannya, lagu yg didengar, bau yang ia cium dan nama-nama tempat yang ia singgahi.Sering dia tidak bisa tidur dgn apa yg ia alami, teringat akan segala kekeliruan-nya dalam mengambil suatu keputusan, teringat akan memori memalukan, teringat akan kisah yang menyedihkan, ini begitu menyiksanya selama bertahun-tahun. Sebagian kecil memori berdampak baik terhadap dirinya dan mampu menghangatkan suasana hatinya tapi sebagian besar terkadang membuatnya seperti orang gila.
Kondisi yang ia alami sangat jarang terjadi, para ahli menyebutnya dengan ‘hyperthymestic syndrome’ atau syndrom mengingat diatas nornal.Jll Price, mengatakan memorinya bekerja secara lembur setelah keluarganya pindah ke Los Angeles ketika ia berumur 8 tahun dan semenjak usia 14 tahun dia mampu mengingat semuanya, segala sesuatu yang pernah ia alami secara mendetail.Pada tahun 2000 dia diperiksa oleh seorang neuroscientist, Professor James McGaugh seorang ahli memori kelas dunia mengatakan bahwa;

Brad Williams

Brad Williams adalah seorang penyiar radio, Dia berdomisili di Wisconsin, amerika. Dia mampu mengingat apa yang terjadi pada tanggal 7 november 1991. Saat itu Magic Johnson mengumumkan untuk pertama kalinya bahwa dia mengidap HIV positif. Tidak hanya itu, dia juga mampu mengingat bahwa hari itu adalah hari Kamis dan seminggu sebelumnya terjadi badai salju yang sangat hebat. Sama seperti Bob, Brad juga senang mengingat momen dalam pertandingan olahraga, tapi dia juga senang dengan sesuatu yang berbau populer, seperti Academy Award misalnya. dia mampu mengingat semua nama pemenang serta kategori yang dimenangkan oleh orang tersebut dengan jelas. Meski peneliti tidak setuju bahwa ini adalah hal yang biasa, namun Brad berpendapat, dirinya tidak merasa berbeda dengan orang lain. Perjalanan hidupnya sedang didokumentasikan dalam sebuah film berjudul “Unforgettable” akan segera tayang di bioskop-bioskop di Amerika.

Rick Baron

Kalau ada orang yang mempunyai memori super dan memanfaatkan kemampuannya untuk mendapatkan sesuatu, dialah Rick Baron. Warga asli Cleveland ini mengakui kemampuannya pertama kali di USA today setelah dia membaca sebuah artikel tentang Jill Price dan kemampuannya. Dia mengakui menggunakan kemampuannya untuk mendapatkan banyak hadiah dari kuis trivia. Kartu diskon, tiket menonton pertandingan olah raga, bahkan tiket perjalanan wisata adalah salah satu hadiah yang pernah dia menangkan. Sejak usia 11 tahun dia sudah menyadari kemampuannya mengingat hari demi hari yang dia lewati, bahkan mungkin lebih muda dari itu. Menurut USA Today, saudara perempuannya sudah mengetahui bahwa Baron menderita OCD, dimana dari kecil dia senang sekali mengumpulkan barang-barang menjadi katalog-katalog kecil, dia bahkan menyimpan semua lembar-lembar tagihan dari Bank dan mengorganisirnya.

  1. semua manusia memeang pada dasarnya erdas mas:) cuman baru einstein yang mampu mendayagunakan sel-sel otaknya melebihi standart umum. sebesar 8% kira2, umum sekitar 2% nice post… monggo mampir keblog saya.. dan oomen

    • perempuanbernamaeko
    • February 17th, 2011

    Pieces of memory…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: